Daftar Aplikasi Seluler Yang Paling Banyak Diunduh Di Asia Tenggara, Oktober 2022

Firma riset pasar aplikasi seluler Sensor Tower telah merilis daftar aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara untuk Oktober 2022.

CapCut by Bytedance adalah aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara dengan 14 juta pemasangan per Oktober 2022. Angka tersebut meningkat 63,9% dibandingkan Oktober 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Negara dengan jumlah unduhan CapCut tertinggi selama periode ini adalah Indonesia (50,2% dari seluruh unduhan di Asia Tenggara), Vietnam (16,8%), dan Filipina (12,2%),” Sensor Tower melaporkan dalam laporan tersebut.

Kemudian, aplikasi TikTok yang juga disponsori oleh Bytedance telah diunduh lebih dari 10,8 juta kali pada Oktober 2022, menjadikannya aplikasi seluler kedua yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara. Ini mewakili pertumbuhan 14,4% dibandingkan dengan Oktober 2021.

Sensor Tower mengatakan, “Negara dengan tingkat pemasangan TikTok tertinggi adalah Indonesia (44,5%), Vietnam (20,2%), dan Thailand (12%).

Facebook oleh Meta, Shopee, dan Instagram oleh Meta termasuk di antara lima aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara selama periode tersebut.

Secara keseluruhan, kategori aplikasi seluler non-game menghasilkan sekitar 805 juta unduhan di App Store dan Google Play di Asia Tenggara pada Oktober 2022.

Catatan Sensor Tower menunjukkan bahwa jumlah ini menunjukkan penurunan sekitar 11,3% dari tahun ke tahun dibandingkan dengan total jumlah unduhan yang dicapai pada Oktober 2021.

Sensor Tower mengatakan, “Pasar pengunduhan aplikasi seluler nomor satu di Asia Tenggara adalah Indonesia, yang memiliki sekitar 347,3 juta pengunduhan, terhitung 43,1% dari total pengunduhan.”

Sementara itu, Filipina berada di posisi kedua dengan 16,5% dari total unduhan. Vietnam berada di urutan ketiga dengan 16,2% dari total unduhan.

Baca Juga  Oppo Reno8 Langsung Dan Membongkar: Tipis Dan Ringan Dan Terlihat Menjanjikan

Seperti diberitakan sebelumnya, TikTok menjadi aplikasi seluler yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara selama bulan September 2022. Aplikasi Bytedance memiliki hampir 12,2 juta pemasangan. Ini berarti TikTok mengalami peningkatan unduhan sebesar 17,9% dibandingkan dengan periode September 2021.

Sensor Tower yang dikutip dalam laporan Tekno fokusbanyumas.id mengatakan, “Negara-negara dengan unduhan TikTok terbanyak selama periode ini adalah Indonesia dengan 37,4% dan Vietnam dengan 26,8%.”

Selain itu, CapCut adalah aplikasi seluler kedua yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara bulan lalu. Bytedance memiliki hampir 10,5 juta unduhan selama periode ini. Angka ini meningkat sekitar 14% dibandingkan periode September 2021.

“Negara dengan jumlah penginstalan aplikasi CapCut terbanyak adalah Indonesia dengan 46,4%, diikuti oleh Vietnam dengan 20,7% dari seluruh unduhan,” kata Sensor Tower.

Melengkapi lima tempat teratas dalam daftar ini, Meta by Meta, Shopee dan Messenger by Meta menjadi ponsel yang paling banyak diunduh di Asia Tenggara pada September 2022, masing-masing menempati posisi ke-3, ke-4 dan ke-5.