Daftar Bank Syariah Yang Terdaftar Di BEI Jadi Pilihan Investasi Halal

Daftar Bank Syariah yang terdaftar di BEI dapat Anda lihat pada situs resmi PT Bursa Efek Indonesia yaitu idx.co.id. Bagi Anda yang ingin berinvestasi di perbankan namun masih ragu dengan kehalalannya. Tidak perlu khawatir karena saat ini telah ada investasi  di dalam pasar modal syariah yang operasionalnya berlandaskan prinsip syariah.

Bursa Efek Indonesia termasuk dalam lingkup pasar modal. Adanya Bursa Efek Indonesia memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena menjadi wadah dalam transaksi jual beli saham, yang mana akan membantu bagi para perusahaan maupun individu yang membutuhkan tambahan dana. Serta dapat memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bank syariah yang terdaftar pada BEI, kenali lebih dulu apa sih pasar modal dan Bursa Efek Indonesia. Nah, pada artikel domain.com kali ini akan membahas tuntas bagaimana gambaran ketika melakukan investasi di bank syariah dalam BEI.

Apa itu Bursa Efek Indonesia (BEI)

Pasar modal merupakan salah satu faktor pendorong mobilitas dan kemajuan suatu Negara. Pasar modal sebagai dana ekternal menjadikan sebuah alternatif bagi sebuah perusahaan yang membutuhkan tambahan dana. Hal tersebut dilakukan perusahaan ketika dana dari sumber internal maupun pinjaman bank dianggap kurang memadai.

Pasar modal memiliki peranan penting dalam perkembangan perekonomian. Salah satunya adalah sebagai media untuk mengumpulkan dana bagi para pelaku bisnis maupun masyarakat dengan tujuan untuk mengembangkan usahanya.

Di dalam pasar modal tidak terlepas dalam transaksi jual beli saham atau efek. Bursa efek itu sendiri adalah tempat untuk melakukan perdagangan efek dan terjadi sebuah penawaran dalam jual beli tersebut.

Baca Juga  Tanggapan Vega Drowante Terhadap Listy Menarik Laporan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Razky Pilar Mereka Mungkin Saling Mencintai.

BEI merupakan singkatan dari Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia atau Indonesian Stock Exchange (IDX) adalah salah satu bursa saham yang dapat memberikan peluang investasi dan sumber pembiayaan dalam upaya mendukung pembangunan Ekonomi Nasional.

Di Indonesia sendiri hanya terdapat satu perusahaan yang memperdagangkan efek yaitu PT Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2007 PT BEI merupakan hasil dari gabungan antara dua perusahaan bursa efek di Indonesia yaitu PT Bursa Efek Jakarta dan PT Bursa Efek Surabaya. Baca juga Aplikasi penghasil uang.

Daftar Bank Syariah Yang Terdaftar Di BEI

Adapun daftar bank syariah yang terdaftar di BEI dan diawasi oleh OJK saat ini ada 4 yaitu:

  1. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS)

BRIS merupakan hasil merger atau gabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yaitu bank BNI Syariah, BRI syariah, dan Mandiri Syariah.

  1. PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK)

Pada tahun 2021 secara resmi bernama PT Bank Aladin Syariah yang sebelumnya bernama PT. Bank Net Indonesia Syariah. Serta di tahun yang sama, BANK ini mulai melakukan penawaran jual beli saham.

  1. PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk

Pada tahun 2009 Bank Syariah ini telah mendapatkan izin beroperasi dengan sistem syariah dari BI.

  1. PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS)

Pada tahun 2014 BTPS resmi beroperasi sebagai bank umum syariah yang sebelumnya pada tahun 2010 hanya merupakan sebuah Unit Usaha Syariah yang terdapat pada bank BTPN.

Dalam melakukan jual beli saham di BEI terdapat beberapa tahapan dalam prosesnya. Yang pertama, melakukan pembukaan rekening efek lalu nasabah melakukan pemesanan efek kepada anggota bursa. Kedua, pemrosesan order dari nasabah. Ketiga, pelaksanaan proses transaksi. Keempat, proses kliring, penjaminan dan penyelesaian transaksi efek.

Baca Juga  BREAKING: Warga Sekitar Pantai Carita Mencium Bau Belerang Yang Menyengat. ¬†

Itu dia penjelasan mengenai apa sih Bursa Efek Indonesia dalam pasar modal, dan apa saja daftar bank syariah yang terdaftar di BEI. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda memahami bagaimana skema jual beli saham di BEI, serta dapat membantu Anda untuk menentukan di Bank Syariah manakah yang menjadi pilihan tepat untuk menginvestasikan saham Anda. Sumber Luarbiasa.id.