Menteri Perdagangan Zulkipli Hassan Yang Berkunjung Ke Cirebon Membenarkan Rendahnya Harga Minyak Goreng Dan Cabai

Menteri Perdagangan (Mandag) DKI Jakarta Zulkifli Hasan berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat pada Minggu pagi (17/7/2022). Mendag Zulhas mengawali kunjungan bisnisnya dengan mengecek harga sembako di Pasar Jagasatru Kota Cirebon.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengatakan saat berkeliling pasar Jagasatro di Cirebon, “Anda bisa melihat berapa harga lada dan berapa banyak minyaknya dan berapa naik atau turunnya.”

Gubernur PAN mengatakan belum mau menyimpulkan hasil kunjungan tingkat kerja karena semuanya harus dilakukan sesuai kondisi lapangan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan menjelaskan: “Jangan menulis dari saya apa yang ada di lapangan, ikuti saja. Ini yang tertulis.”

Dalam kunjungannya ke pasar Gagasatro, Menteri Perdagangan Zulhas Cirebon berbincang dengan berbagai pedagang, mulai dari sayur-sayuran, cabai, bawang, pedagang kelontong, pedagang daging sapi dan banyak pedagang lainnya.

Paprika merah yang dijual Rp 100.000 per kg kini menjadi Rp 40.000 per kg, disusul bawang merah Rp.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengunjungi pasar Jaga Satro dalam kunjungannya, serta Cirebon, pengecer minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan untuk rakyat.

Dalam preview, harga minyak goreng curah dijual di kios yang didekati Menteri Perdagangan Zulz Zulus dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter. Bahkan, Zulhass mengatakan ada pedagang yang menjual imigran seharga Rs 13.000 per liter.

* Apakah itu nyata atau scam? Silakan kirim WhatsApp ke Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menteri Perdagangan Zulhas berbincang dengan petani bawang merah di Balai Desa Tersana Balagedog Kabupaten Cirebon. Menteri Perdagangan Zulhas telah mengontrak Nadra/Badan Laut dengan para nelayan di Balai Desa Citemu di Mundu, Cirebon.

Baca Juga  Mulai Redmi Pad Hingga Redmi Note 12 Pro, Daftar Harga Redmi Terbaru 2022

Usai kunjungan kerja, Menteri Perdagangan Zulhas melakukan diskusi dan tanya jawab dengan pejabat usaha kecil dan menengah (UKM). Topik diskusi yang diadakan di Desa Pasauhan Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon ini adalah untuk mempromosikan ekonomi mikro untuk kemakmuran dan penguatan ekonomi lokal.

Mendag Zulhas berdiskusi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pangkalan Elpiji, Keluarga Alumni Gadjah Mada, Santripreneur Indonesia, Kelompok UMKM Binaan Dinas Perindustrian dan Usaha, Koperasi dan Dinas UMKM Kabupaten Cirebon, Jagung Manis I telah melakukan. Kelompok Kelompok Tani, dari Kabupaten Cirebon hingga Kelompok Kerajinan Roti Kabupaten Cirebon.

Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah membawa hasil penting dalam menjaga harga pangan, terutama minyak goreng, stabil.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengunjungi Lampung dan mengatakan harga minyak goreng di Provinsi Lampung sudah mulai turun.

Sinergi ini diharapkan terus berlanjut hingga masyarakat bisa makan dengan harga terjangkau dan ibu rumah tangga bisa bahagia.

Menteri Perdagangan Zwalis melakukan kunjungan kerja pada Selasa (12/7) lalu. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perdagangan Zulhas melakukan pertemuan dengan Walikota dan Direksi Provinsi Lampung untuk melakukan penyesuaian agar harga bahan pokok terutama minyak goreng stabil.

Menteri Perdagangan Zolhas mengatakan: “Ini adalah kabar baik. Upaya khusus pemerintah pusat untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menjaga harga minyak goreng tetap stabil telah membuahkan hasil.”

Berdasarkan pantauan harian Sistem Pengawasan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan Provinsi Lampung, rata-rata harga minyak goreng curah per 14 Juli 2022 tercatat Rp 14.333 per liter. Harga tersebut turun signifikan sebesar 17,7% dibandingkan 8 Juli 2022 yang tercatat sebesar Rs 17.417 per liter.

Baca Juga  3 Cara Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Anda Ketahui

Harga minyak goreng kapasitas besar juga turun secara nasional. Pada 14 Juli 2022, harga rata-rata minyak goreng curah tercatat Rp 15.236 per liter, turun 2,4% dibandingkan Rp 15.614 per liter pada 8 Juli 2022.

Menteri Perdagangan Zulhas mengatakan pemerintah pusat akan memperluas distribusi minyak goreng curah ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan distribusi minyak goreng melalui skema Domestic Market Commitment (DMO).

Minyak goreng harus pakai merk “Minyakita” dan HET harus Rp 14.000 per liter.

Pada Rabu (6/7), Kementerian Perdagangan meluncurkan program paket minyak goreng untuk masyarakat dengan merek “Minyakita”.

Program ini merupakan salah satu solusi atas biaya pengemasan yang harus dibayar pengecer kepada konsumen.

Mendag Zolhas menambahkan, “Oleh karena itu, dalam waktu satu bulan, kami berharap program tersebut dapat menjangkau Indonesia bagian timur khususnya, sehingga HET untuk minyak goreng curah dapat segera direalisasikan di seluruh Indonesia.”

Menteri Perdagangan Zulhas mengimbau seluruh pejabat daerah di seluruh Indonesia untuk memastikan keberlanjutan kebijakan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Dia menyimpulkan, “Salah satunya adalah menjaga kelancaran aliran minyak goreng curah di Rs 14.000 per liter dan memantau kebijakan penetapan harga TBS (Tandan Buah Segar) untuk minyak sawit.”