Candi Borobudur: Destinasi Wisata Instagramable yang Wajib Dikunjungi

admin

Candi Borobudur, Apa sih?

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan salah satu ikon wisata Indonesia yang satu ini, yaitu Candi Borobudur. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah dan menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO. Candi Borobudur terkenal dengan keindahan arsitektur dan relief-reliefnya yang keren banget. Pernah dengar tentang relief Kalpataru? Atau relief Awal Kehidupan Buddha? Nah, itu adalah beberapa relief yang ada di Candi Borobudur. Nggak cuma itu, candi ini juga dihiasi dengan 72 stupa dan 504 arca Buddha.

Kenapa Harus Ke Candi Borobudur?

Selain keindahan arsitektur dan relief-reliefnya yang bikin kamu terkesima, Candi Borobudur juga punya pemandangan yang keren banget. Kalau kamu datang ke sini saat matahari terbit atau terbenam, kamu pasti bakalan terpana dengan keindahan alam di sekitarnya. Nggak cuma itu, di area candi juga ada beberapa penjual oleh-oleh yang menjual makanan dan barang-barang khas Jawa Tengah yang bikin kamu nggak mau pulang.

Candi Borobudur atau kadang disebut “Barabudur” adalah candi Budha Mahayana yang terletak di dekat Muntilan di pulau Jawa di Indonesia. Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sailendra (c. 650-1025 M), Borobudur tetap menjadi candi Buddha terbesar di dunia. Umat ​​Buddha di antara penduduk Jawa melakukan ziarah dan ritual lainnya di Borobudur hingga sekitar abad ke-14 dan ke-15 M ketika candi tersebut ditinggalkan karena banyak orang Jawa yang masuk Islam.

Ditemukan kembali pada tahun 1814 M, Borobudur sejak saat itu menjadi subjek penelitian dan penyelidikan arkeologi yang sangat besar oleh Belanda dan Jawa. UNESCO menetapkan Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991 M setelah pemugaran pada tahun 1970-an dan 1980-an M yang diawasi oleh Presiden Suharto (1967-1998 M) dan UNESCO, dan candi ikonik ini terus memainkan peran yang kuat dalam membentuk estetika, arsitektur, dan arsitektur Indonesia. dan identitas budaya. Borobudur adalah tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Baca Juga  Menyelami Kebudayaan Lokal dengan Bantuan Jasa Travel Profesional dan Berpengalaman

Cara Ke Candi Borobudur

Untuk ke Candi Borobudur, kamu bisa naik kereta api dari Jakarta ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Setelah itu, kamu bisa naik bus atau menyewa mobil dari Yogyakarta ke Candi Borobudur. Atau, kalau kamu malas ribet, bisa langsung pesan tour ke travel agent.

Goa Jomblang

Nah, kalau sudah ke Candi Borobudur, jangan lupa juga untuk mampir ke Goa Jomblang yang juga terletak di Jawa Tengah. Goa Jomblang adalah goa dengan pemandangan alam yang indah dan langit-langit yang terbuat dari batu kapur. Kamu bisa melakukan kegiatan caving dan rappelling di sini. Kalau kamu mau liburan ke Goa Jomblang, jangan lupa pesan tour di goajomblang.com ya. Mereka adalah salah satu penyedia tour ke Goa Jomblang terpercaya dan pastinya bakal bikin liburan kamu jadi nggak terlupakan.

Related Post