Jangan Salah, Inilah Beda ebisnis dan ecommerce

Jangan Salah, Inilah Beda ebisnis dan ecommerce – Kamu pasti sudah tak asing lagi mendengar ebisnis dan ecommerce, bukan? Tapi tak sedikit yang masih menganggap kedua istilah tersebut merupakan hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan.

Tidak salah memang, sebab baik ebisnis ataupun ecommerce sekilas terlihat mirip dengan awalan huruf ā€˜eā€™ yang berarti elektronic. Namun perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti yang beda.

Lalu, apa sih beda antara ecommerce dan ebisnis tersebut? Daripada penasaran, yuk cek informasi tentang perbedaan kedua istilah tersebut berikut ini.

Pengertian e-bisnis dan e-commerce

e-bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis di internet yang tak saja seperti penjualan, bagian keuangan, pembelian barang dan jasa akan tetapi juga meliputi pelayanan pelanggan serta kerjasama dengan rekan bisnis baik organisasi ataupun individu.

Sementara, e-commerce adalah transaksi bisnis yang berupa penjualan dan pembelian barang dan jasa melalui internet yang meliputi serah terima kepemilikan atas hak suatu jasa atau barang dengan menggunakan internet.

Jadi jika menarik dari pengertian tersebut maka bisa dikatakan bahwa e-commerce adalah salah satu bagian dari e-bisnis.

Perbedaan e-bisnis dan e-commerce

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari kedua istilah tersebut maka untuk lebih jelas simak perbedaan antara keduanya berikut ini.

  • Jangkauan ebisnis lebih luas bila dibandingkan dengan ecommerce. Hal ini karena ebisnis meliputi SDM, modal, dan semua proses pemasaran produk dan jasa. Sementara ecommerce hanya sebatas proses jual beli produk dan jasa lewat internet di dalam situs atau web saja.
  • Ecommerce hanya sebagai media transaksi jual beli secara online saja, sementara ebisnis mengarak ke edukasi dan menjaga supaya pelanggan paham terkait dengan manfaat dari sebuah jasa atau produk yang diperoleh dari transaksi online.
  • Ecommerce merupakan salah satu bagian dari ebisnis, sementara ebisnis adalah sebuah sistem yang lengkap dan terdiri dari berbagai bagian yang menunjang jalannya bisnis.
Baca Juga  Cara Mempromosikan Bisnis Online Anda Di TikTok Untuk Menghasilkan Uang Dengan Cepat

Mungkin itulah beberapa perbedaan antara istilah ebisnis dan ecommerce dimana masih banyak yang mengganggap sama kedua istilah tersebut. Bagaimana, kamu sudah bisa membedakannya?