CEO HMI Tang Lang: Kita Harus Mendengarkan Suara Rakyat Dengan Semangat Demokrasi

JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tangerang menyoroti situasi saat ini di mana banyak masalah dan suara-suara rakyat tampaknya melemah.

Muhammad Idi Sobyan, ketua Himpunan Mahasiswa Muslim (HMI) cabang Tangerang, selalu meminta masyarakat untuk mendengarkan.

Hal itu terungkap dari perbincangan interaktif antar aktivis di Formaggio Café di Tangerang, Banten.

“Alasan saya katakan [suara rakyat] adalah mereka telah menjadi subjek politik yang independen dan hampir menjadi target politik tanpa inisiatif untuk memutuskan berbagai kebijakan publik atau berbagai kebijakan politik” Eddy Senin (29/8/2022) ).

Eddy mengatakan Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

Bahkan, menempati urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan India.

Sayangnya, kata dia, praktik demokrasi di Indonesia ternyata masih jauh dari harapannya.

Ini karena orang-orang dibungkam.

“Percaya atau tidak, suka tidak suka, suara rakyat adalah jiwa demokrasi. Kami ingin bolak-balik seperti beberapa konsep demokrasi. Sekalipun jiwa dicabut, suara rakyat tetaplah jiwa. ” kata Eddie, “tubuh dan tubuh tidak ada artinya”.

Eddie kemudian mencontohkan bentuk pembatasan suara orang yang bisa dilihat dari sekumpulan fakta yang terjadi saat ini.

Kritik terbatas dan dimulai dengan kurangnya partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan dan diakhiri dengan berbagai fakta terkait pengebirian hak konstitusional lainnya.

“Sisanya bisa ditambah sendiri. Tentu kalau berbaris satu atau dua jumlahnya tidak bisa dihitung. Oleh karena itu, karena suara rakyat adalah prinsip dasar demokrasi, saya berharap diperlukan tempat yang layak. Indonesia Merdeka, Maju, Keadilan, Sejahtera Kedaulatan rakyat harus dibangun

Ia menyimpulkan, “Inilah alasan mengapa pendampingan harus terus dilakukan, terutama bagi mahasiswa, karena ini adalah tugas mahasiswa sebagai pengawas antara pemerintah dan masyarakat dan sebaliknya.”

Baca Juga  Cek LINK Pendataan Non-ASN Tahun 2022, Kategori Pegawai Honorer Dan Tata Cara Pendaftaran