Simak Deretan Fitur IOS 16 Yang Harus Anda Coba

Apple dipastikan akan merilis iOS 16 untuk semua pengguna iPhone pada 12 September 2022 waktu AS. Artinya, hanya perlu beberapa jam untuk menggunakan versi iOS terbaru.

Sistem operasi terbaru untuk iPhone diumumkan dengan peluncuran lini iPhone 14, dan sebagai pembaruan besar untuk perangkat iPhone, Apple telah menyiapkan serangkaian fitur baru.

Sebagai informasi, iOS 16 akan mulai dari lini iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 dan iPhone 13 hingga iPhone SE (generasi ke-2 dan lebih baru).

Sambil menunggu versi iOS terbaru, tidak ada salahnya menemukan banyak fitur baru yang ditawarkan Apple. Fitur apa yang dapat Anda alami segera setelah iOS 16 dirilis nanti? Berikut adalah beberapa di antaranya.

layar kunci

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan untuk layar kunci. Pengguna juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu layar kunci.

Nantinya, pengguna cukup menggesek layar untuk mengubah tampilan lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood mereka. Apple juga menawarkan beberapa wallpaper baru untuk pengguna iPhone.

Tampilkan notifikasi

Apple juga telah meningkatkan tampilan notifikasi di layar kunci. Sebelumnya, indikator notifikasi ditampilkan tumpang tindih dengan layar, tetapi sekarang beralih ke bagian bawah layar.

Mengedit atau membatalkan iMessage

Di iOS 16, pengguna juga dapat mengedit atau membatalkan pesan yang dikirim melalui iMessage. Setelah itu, pengguna dapat mengedit pesan dalam waktu 15 menit setelah pesan terkirim.

Penerima pesan juga dapat memeriksa untuk melihat apakah pengirim memodifikasi pesan yang dikirim kepada mereka. Di sisi lain, jika Anda ingin membatalkan pesan, Anda dapat melakukannya dalam waktu 2 menit setelah mengirim pesan.

Baca Juga  Menteri Perdagangan Zulkipli Hassan Yang Berkunjung Ke Cirebon Membenarkan Rendahnya Harga Minyak Goreng Dan Cabai

teks langsung

Di iOS 16, Apple juga memperkenalkan fitur teks langsung ke format video. Apple berjanji untuk memberi pengguna banyak opsi tambahan saat menggunakan Teks Langsung dalam foto atau video.

peta apel

Apple juga telah membuat beberapa perubahan pada aplikasi Maps di iOS 16. Dalam pembaruan ini, aplikasi Maps menampilkan beberapa parameter baru, termasuk kecepatan atau suhu kendaraan.

Pembaruan lain yang juga diperkenalkan adalah menambahkan beberapa pemberhentian saat menavigasi penerbangan. Aplikasi ini juga mendukung elemen visual seperti 3D dan integrasi yang lebih baik dengan Apple CarPlay.

pemeriksaan keamanan

Fitur baru lainnya yang dibawa Apple adalah Safety Check. Seperti namanya, fitur ini bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti situs yang mungkin telah dibagikan dengan orang lain sebelumnya.

Apple mulai mengumumkan jajaran ponsel terbarunya dengan meluncurkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus pada peluncuran acara Apple bertajuk ‘Far Out’.

Melanjutkan tradisi seri iPhone sebelumnya, iPhone 14 tersedia dalam ukuran layar 6,1 inci dan 6,7 inci untuk model iPhone 14 Plus.

Apple menggunakan panel OLED khusus. Panel dilindungi oleh penutup keramik dan tentu saja mendukung Dolby Vision.

Menurut bocoran informasi, duo iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan chipset Apple 15 Bionic yang terpasang di iPhone 13 series.

Meski menggunakan chipset generasi sebelumnya, perusahaan Cupertino yang berbasis di California itu mengklaim telah meningkatkan fitur iPhone 14.

Saat iOS 16 diluncurkan ke semua pengguna akhir tahun ini, pengguna tidak lagi harus berurusan dengan kode captcha yang rumit. Captcha sering meminta pengguna untuk memindahkan potongan puzzle ke tempatnya.

Baca Juga  Fitur Komunitas WhatsApp Dirilis Di Android

Karena Apple memperkenalkan fitur yang disebut verifikasi otomatis, pengguna tidak lagi harus berurusan dengan captcha yang rumit dan mengganggu. Fitur ini memungkinkan beberapa situs web dan aplikasi mengetahui bahwa pengguna bukan bot tanpa pengguna harus mengidentifikasi diri mereka sendiri.

Mengutip The Verge, Rabu (22/6/2022), untuk memperkenalkan fitur verifikasi otomatis ini, Apple bekerja sama dengan dua jaringan pengiriman konten, Fastly dan Cloudfare, untuk mengembangkan sebuah sistem.

Perusahaan menjelaskan bahwa kamera pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus memiliki sensor berukuran 1,9 mikron dengan aperture 1,5.

Untuk melengkapi kemampuan kamera kedua iPhone terbarunya, Apple juga telah menyertakan teknologi OIS yang diklaim menjadi peningkatan signifikan saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Lalu bagaimana dengan selfie? Perusahaan yang dibuat oleh Steve Jobs memasang kamera 12 megapiksel, dilengkapi dengan teknologi TrueDepth baru dan fokus otomatis.

Baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dikatakan tersedia dalam lima pilihan warna: Midnight, Starlight, Blue, Purple dan Red.

Pre-order untuk iPhone 14 akan dimulai pada 9 September dan akan mulai dijual pada 16 September, sedangkan iPhone 14 Plus baru akan mulai dijual pada 7 Oktober.

Apple mematok harga iPhone 14 seharga $799 atau Rp11,9 juta, dan iPhone 14 Plus seharga $899 atau Rp13,4 juta.

Baca Juga: